Loading

Jumlah Kunjungan

Artikel Terbaru MMT

Facebook Arda Chandra

Powered by Blogger.

Di forum debat lintas agama muncul beberapa status dari orang kafir yang bertanya soal apa ada dalil dalam melaksanakan maulid nabi Muhammad..? Ini pertanyaan yang berulang setiap tahun. Awalnya saya agak heran mengapa orang kafir begitu peduli dengan dalil Al-Qur'an dan sunnah, namun setelah diamati dari lalu-lintas komentar yang dilakukan, baru terlihat tujuannya semata-mata untuk mengadu-domba pihak Muslim yang kebetulan menolak perayaan maulid dengan yang menjalankannya. Ketika ada pihak Islam yang mengajukan dalil menolak, maka mereka yang mendukung maulid akan diundang untuk menyampaikan komentar juga, lalu terjadi pertengkaran bahkan sampai saling kafir-mengkafirkan, yang menolak akan melontarkan tuduhan : bid'ah, musyrik, dll, sebaliknya yang menjalankan perayaan Maulid membalas : dasar ISIS, Wahabi, dll.

Memang sebenarnya mau merayakan maulid nabi atau tidak, sama sekali tidak ada hubungannya dengan pemeluk agama lain, mereka tidak diganggu dan tidak dirugikan. 'Kepedulian' mereka tersebut merupakan kesempatan yang dipakai karena melihat potensi berkelahi dan bertengkarnya umat Islam dalam soal ini.

Mudah-mudahan kelakuan orang-orang kafir ini bisa membuat kalangan umat Islam menjadi sadar bahwa mereka tidak perlu bertikai untuk segala perbedaan. Saya tidak menganjurkan semuanya harus memiliki paham yang sama dalam menafsirkan ajaran Islam, karena perbedaan pasti terjadi karena sunatullah. Sikap yang terbaik adalah menerima ketidak-samaan tersebut secara bijaksana dan tidak mudah menghakimi.

Atau anda mau diadu-domba orang kafir..? :-(


0 komentar: