Loading

Jumlah Kunjungan

Artikel Terbaru MMT

Facebook Arda Chandra

Powered by Blogger.

Kaget juga mendengar cerita tentang asal-usul suku bangsa yang ada di Malaysia. Ternyata yang disebut sebagai penduduk asli negeri Malaysia ini adalah 'Orang Asli' (sejajar dengan suku Kubu atau Talang Mamak di Sumatera, mereka animisme dan jumlahnya sedikit). Sedangkan yang dikatakan Orang Melayu dengan jumlah dominan merupakan komunitas yang hidup dan memiliki kegiatan disekitar selat Malaka yang meliputi wilayah Malaysia, Riau, dll, lalu memunculkan identitas bangsa Melayu.

Penduduk Malaysia juga banyak yang berasal dari Minangkabau, Jawa dan Bugis yang sudah berdiaspora dan tinggal di semenanjung jauh sebelum adanya negara Malaysia dan Indonesia, lengkap dengan budaya dan sistem kehidupan yang persis sama dengan daerah asalnya. Interaksi antara suku-suku yang tinggal di semenanjung Malaysia dan wilayah Indonesia sudah terjadi sejak dulu, mereka melakukan perdagangan, misalnya orang Minangkabau membawa emas dari daerah Sumatera Barat lalu ditukarkan dengan porselen dari Cina dan tekstil dari India, di pelabuhan Malaka.

Terpisahnya orang Minang yang ada di Indonesia dengan Minang yang ada di Malaysia, orang Jawa yang ada dipulau Jawa dengan orang Jawa yang ada di Malaysia, orang Bugis yang ada di Makassar dengan orang Bugis yang ada di Malaysia, bahkan orag Melayu di malaysia dengan Melayu di Riau, dll merupakan hasil karya penjajah Inggeris dan Belanda, sehingga terjadi perpecahan, sukunya sebenarnya sama, asal-usulnya juga sama, tapi dicitrakan berbeda.

Maka saat ini yang muncul : anda orang Malaysia, saya orang Indonesia..


0 komentar: