Loading

Jumlah Kunjungan

Artikel Terbaru MMT

Facebook Arda Chandra

Powered by Blogger.

Pernah beberapa tahun lalu kompleks tempat saya tinggal di Bandung heboh karena bakalan diadakan acara perayaan asyura oleh pengikut Syiah disalah satu gedung pertemuan dekat rumah. Pada awalnya kami jamaah masjid tidak mengetahui acara tersebut sampai suatu ketika ba'da Ashar saya didekati 2 orang yang ternyata dari FPI dan menginformasikan beberapa hari lagi orang-orang Syiah mau bikin perayaan. Akhirnya kami berinisiatif untuk membuat surat penolakan ke Polda Jabar dengan alasan keamanan, warga tidak ingin diwilayah mereka terjadi keributan karena ternyata setelah ditelusuri sudah banyak ormas-ormas Islam yang akan bergerak.

Dalam beberapa kali pertemuan, ada saja beberapa orang yang menyusup dan ikut berbicara dalam meeting berusaha memanas-manasi para pemuda, tidak lupa memberikan gambaran situasi di Suriah, Irak, jihad, mati syahid, dll, namun saya perhatikan para anggota ormas ternyata bisa mengendalikan diri tidak mengambil tindakan diluar komando pimpinan mereka. Ini berlangsung sampai hari-H pelaksanaan acara.

Akhirnya pengikut Syiah memang tidak jadi menyelenggarakan perayaan Asyura digedung pertemuan tersebut tapi memindahkannya ke masjid di markas mereka. Waktu itu terjadi perbedaan pendapat dikalangan ormas, ada yang mengatakan tidak perlu melanjutkan gerakan karena acaranya sudah dipindahkan, kalau mau menyerang ke lokasi yang baru belum ada koordinasi dengan warga sekitar, nanti dikhawatirkan malah terjadi bentrokan dengan warga. Sebagian tetap bersikeras untuk melanjutkan dan mengejar sampai keujung dunia sekalipun, kesan yang saya lihat tujuannya memang ingin memancing kerusuhan fisik.

Namun kesimpulan akhir dari mayoritas ormas memang menyatakan kegiatan cukup sampai disini dan mereka memerintahkan pengikut masing-masing untuk membubarkan diri. Pihak yang sejak semula menjadi provokator terlihat kecewa dan buru-buru pulang duluan sambil menggeber mesin motornya keras-keras lalu berteriak :"Allahuakbar...".

Ada diantara anggota pemuda yang kemudian nyeletuk sambil nyengir :"Ah..eta mah anggota genk motor syariah...".

Pelajaran yang bisa diambil, dalam kegiatan seperti ini sangat rentan disusupi provokator, jadi haruslah berhati-hati..


0 komentar: