Loading

Jumlah Kunjungan

Artikel Terbaru MMT

Facebook Arda Chandra

Powered by Blogger.

Pada suatu kesempatan saya pernah berbincang-bincang dengan satu orang teman yang kebetulan baru saja menduduki jabatan pada sebuah institusi bisnis. Hal yang pertama saya berikan masukan adalah soal akan munculnya para penjilat :"Kekuasaan selalu punya hubungan erat dengan penjilat dan pencari-muka, makin besar kekuasaan yang dipegang makin banyak dan makin intens pihak-pihak yang akan berusaha menyenangkan hati anda, membenarkan apapun yang anda sampaikan dan sangat sedikit bicara soal efek negatif yang bisa mempersulit atau menghalangi rencana yang akan diterapkan..".

Pada dasarnya penjilat dan pencari-muka  tidak peduli dengan penguasa yang dijilat, karena mereka mau merendahkan dan mengorbankan diri untuk kepentingan sendiri. Ketika penguasa jatuh dan kekuasaan dicabut maka merekalah yang paling duluan akan berbalik kanan, menjauh dan meninggalkannya. Penjilat juga tidak akan peduli dengan hasil yang dicapai, apakah akan berhasil atau gagal karena pihak yang akan menanggungnya tetap saja si penguasa.

Maka penguasa yang cerdas adalah orang yang lebih memperhatikan masukan dari pihak yang berlawanan, terlepas apakah akhirnya pendapat mereka dipakai atau tidak. Sudah merupakan kodratnya kalau input dari sisi negatif akan bisa membuka pintu untuk melihat kemungkinan terjadinya penyimpangan. Disini berlaku prinsip :"Selama masukan negatif punya jalan keluar untuk diatasi maka otomatis sisanya adalah jalan yang sudah benar..", sebaliknya ketika kita hanya berpedoman kepada masukan positif, kita akan sering luput menghitung hal yang sebaliknya. Cuma sayangnya banyak penguasa yang memang dari sononya senang dijilat, siapa yang tidak happy dengan orang-orang disekeliling yang selalu membenarkan, bahkan memperkuat apa yang anda sampaikan..?

Untuk itu, perkataan yang saya kutip dari salah satu film favorit saya 'The Godfather' ini perlu direnungkan, diucapkan oleh boss mafia Vito Corleone dalam menasehati anak-anaknya :

"Keep your friends close but your enemies closer."


0 komentar: